Rabu, 02 Februari 2011

Bayi Kembar Siam Dirawat Intensif Di Adam Malik

| Rabu, 02 Februari 2011 |


Medan- Bayi kembar siam dempet dada sampai perut berjenis kelamin perempuan, dari pasangan Helfrida br Naibaho (29) dan Daniel Hutauruk (32) warga jalan Veteran, Pasar IV, Medan Helvetia, sekarang masih dalam perawatan intensif oleh dokter RS Adam Malik.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan, di RS Adam Malik, menyebutkan, bayi tersebut lahir, Minggu (30/1) sekitar pukul 11.00 Wib di rumah sakit Imelda Medan. Setelah mengetahui bayi tersebut lahir kembar siam, pihak RS Imelda merujuk bayi tersebut ke RS Adam Malik, Senin (31/1) sekitar pukul 11.30 Wib, untuk diberikan perawatan intensif.

Daniel Hutauruk selaku ayah kandung bayi kembar siam, mengatakan, kalau anaknya lahir melalui operasi cesar. “Operasi istri saya untuk melahirkan, karena istri saya saat melahirkan usia kandungannya masih memasuki 8 bulan, makanya harus dilakukan operasi,” terangnya.

Daniel yang sehari-hari bekerja sebagai parbetor juga menjelaskan, sebelum melahirkan dia dan istrinya tak mengetahui kalau anaknya lahir kembar siam, karena berat badan istri saya normal seperti ibu yang sedang mengandung satu anak. “Nggak tahu kami, karena tak pernah melakukan USG, disebabkan keterbatasan biaya. Tapi bidan tempat kami periksa kandungan, seminggu sebelum melahirkan mengatakan, posisi bayi kami tak berubah, kepala terus di atas. Tapi bidan sendiri juga tak tahu kalau bayi kami kembar siam,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi wartawan, Direktur Medic dan Perawatan RS Adam Malik dr Lukmanul Hakim Nst, mengatakan, kalau kondisi bayi siam tersebut bisa dikatakan kritis. “Kedua bayi kembar tersebut mengalami kelainan jantung diakibatkan belum sempurnanya pembentukan jantung. Sementara itu untuk paru-paru juga tidak mengembang sehingga bayi tersebut mengalami kesulitan dalam bernafas,” terangnya.

Lukman juga menjelaskan, kalau saat ini yang menangani bayi kembar siam tersebut adalah dokter spesialis anak. “Saat ini dokter spesialis anak, tapi kami akan segera membentuk tim dokter dari berbagai ilmu, untuk penyelamatan bayi tersebut. Untuk berat bayi kembar siam tersebut adalah 2,6 Kg,” pungkasnya.

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com